Gowes Jakarta - Bandung, Dream Bike Trip

25 Okt 2015, 07:51 WIB | gadir

Kalo kalian pecinta cimol yang nyasar ke grup komunitas sepeda, ga bakal ngaruh apa apa buat lu, tapi kalo lo hobi gowes dan sering mantengin thread itu. banyak racun yang bisa bikin lu ga kuat, mulai dari upgrade sparepart sepeda yang katanya bisa bikin sepeda lu kaya gowes sendiri, atau jok kulit Hand made yang dibikin selama 3 hari cuman jadii satu biji jok doang dan katanya juga bisa nyesuain konstruksi boko*ng lu jadi ga sakit kalo gowes lama atau sekedar model frame yang bisa bikin lu ngiler. sayangnya ga ada yang jual kaki bionik biar kalo gowes jauh ga cape, kalau ada pasti gw liatin doang soalnya ga bakalan mampu kebeli. 

Sparepart bukan hal yang bikin gw tertarik, bukan karena gw ga mampu beli yah, gwe cuma ga mampu bayar, beli sih bisa asal ada yang ngasih gwe duit cuma kalo pake duit sendiri, mungkin gw mesti jual sepedanya buat beli sparepart, terus gwe sepedaan pake sparepart doang gituh?.

Bukan, bukan racun itu yang bikin gw ngiler, karena gw ga ngiler liat sparepart tapi tw ngiler kalo tidur miring , pengalaman yang dishare sama sesepuh sesepuh sepeda soal perjalanan touring mereka dari yang jarak deket,nanjak sampe touring berhari hari bahkan sampe keluar negeri, itu yang gw lebih suka. gw pengen banget bisa kaya mereka, or at least mencoba atau cuma bermimpi, tapi karena keterbatasan waktu yang gw punya dan skill dan sikil bikin gw masih ragu buat jadi kaya mereka. salah satu yang gw liat rame waktu itu, soal touring ke bandung, pake heist.

Bandung, gwe seumur umur ke kota itu mungkin baru 5 kali, 2 kali waktu gw masih sd ketempat sodara gw, 2 kali waktu kumpul sama komunitas android, dan sekali waktu gw raker dari kantor, ehh pernah deh sekali lagi gw inget ternyata gw waktu sma study tour ke bandung jadi total baru 7 apa 6 kali segitulah kira kira gw kesini. dan itu semua gw tinggal duduk manis doang karena rame2 dan jalannya lewat tol jadi gw ga tau gimana jalan sebenernya kesana. jadi ya cuma sebatas ngayal aja bisa kesana.

Entah berapa minggu apa bulan sejak share soal turing2an ke bandung itu, keinginan buat kesana masih ada cuma ya itu tadi gw masih ragu, gw masih rutin b2w cuma ko lama lama jenuh, mungkin karena gowes rutenya yang kayaknya gitu2 doang, sepertinya gw butuh refreshing. dan takdir karena no such thing named coincidence. ada libur 2 hari menjelang idul adha setelah  weekend jadi sabtu minggu senin selasa, ada 4 hari, gw putusin buat  gw gowes kebandung.  karena kalo kelamaan mikir semakin banyak pertimbangan dan semakin banyak alesan gw buat ga berangkat jadilah waktu itu gw khilaf wkwkw.

Seminggu sebelumnya gw prepare, mulai dari search cerita cerita di blog  orang dan rute rute mereka waktu touring jakarta bandung, sampe siapin part yang mungkin gw butuhin disana, waktu itu gwe cuma siapain 2 ban dalem cadangan, pembuka ban, congkelan  sama lem buat nambel, terus ada juga kunci L multi hasil hibahan  dari om cinde. buat jalan kesana mau ga mau ngandelin si peta nya om google, karena walaupun gw udah cek jalur yang sering dilewatin sama goweser sebelum gw tapi anggep aja second opinion.

Survey membuktikan, ada 3 jalur yang rata rata goweser pernah lewatin, 

 

  • rute pertama puncak, jalur kesana katanya cuma ada sekali tanjakan yang tajem banget sampe puncak sisanya turunan dan tanjakan lain yang ga terlalu berat dan saingan dijalan mobil mobil pribadi yang pada mau liburan, rata rata orang yang gw tanya lebih suka lewat sini.
  • rute kedua lewat rumah bapaknya si wakwaw, jonggol ada dua tanjakan yang utama tapi ga setajam tanjakan puncak (seinget gw gitu yah cmiiw)
  • Rute ketiga purwakarta jalurnya ini tanjakan dinamis menurut gw jalurnya kadang nanjak kadang juga gitulah pokoknya dan sainganya juga ga terlalu banyak menurut gw

 

Diantara ketiga jalur itu gw pilih lewat purwakarta kenapa? kalo lewat puncak gw serem sama tanjakannya, jonggol gwe takut diajak suting sama wakwaw, ga deng karena gw ga tau jonggol itu masuk negara mana, nah purwakarta gw banyak sodara disana dan ade gw juga kerja daerah sana,jadi separah parahnya gw nanti masih bisa minta help sama famili disana hehehe.

H-1 , pagi sebelum berangkat ngantor gw dah janjian sama penjual power bank , rencana mau bawa power bank buat cemilan hape gw di jalan karena ga mungkin si hape buluk bakal kuat sampe sana apalagi  gps yang bakal nyala terus.

Janjian cod sama seller agan agan kaskus di derah tebet, jalurnya belakang stasiun tebet, katanya toko dia ada didepan warung padang yang namanya gw lupa, yaudah gwe susurin aja jalur situ dari tebet  sampe tembus jalan yang ke arah ke pancoran tapi ga ketemu ketemu, gw telp ga diangkat, gw coba balik lagi susurin lagi masih tetep kaga ketemu dan hapenya juga masih ga diangkat, alamatnya dimana iniiii, gw coba sekali. lagi gwe lewatin sana dannnnn masih ga ketemu juga, gwe telp alhamdulillah akhirnya diangkat, dia minta maaf katanya belom bangun tadi, busyett gw janjian jam 8, jam 9 an dia baru bangun akhirnya dikasih ancer ancer nya deket tukang ojek terus tanyaa aja, gw tanya sama tukang ojek, pak jalan kelangit kemana ya, dijawab terusss aja masuk gang sini keluar sini, gw ikutin jalannya bener sih jalannya cuma alamat yang gw cari tetep ga ketemu sampe karena gw keliling bolak balik di sana ada warga yang nanyain ,  mungkin gw dikira mau maling kali, dengan nada agak tegas dia tanya katanya nyari siapa, gw kasih alamat si seller tadi, dia bilang kata" disini mah rt segini alamat itu ada diluar gang, beuhhh, akhirnya gw keluar tuh gang gw telp lagi si seller tanya tanya sambil nelp eh ketemu deket tukang ojek yang gw tanya tadi -_-. basa basi nawar barangnya,ga bisa ditawar lagi katanya T_T . yaudah langsung gw bayar dan cabut dari sana.

Pagi menjelang siang waktu perjalanan ke kantor itu panas banget, karena nyari nyari alamat tadi gw lupa minum, akibatnya agak dehidrasi dan kepala gw jadi nyeri (lemah banget ya ) , sampe kantor gw minum yang banyak tapi kepala masih aja sakit. sore harinya tambah nyeri, gw gowes balik sambil kepala dibungkus handuk yang gw basahin buat ngeringanin rasa sakit. dan sebenernya gw jarang banget kedokter sakit apa aja obat gw cuma minum tolak angin ,mandi air hangat sama tidur seharian, cuma karena gw pengen cepet sehat biar rencana gw besok touring gw dah fit, gw ikhtiar deh ke dokter mudah mudahan Allah ngasih kesehatan gw lewat dokter itu. 

Di klinik dokter yang ,meriksa gw bilang gwe kecapean disuruh banyakin minum dan dikasih obatlah sama dia. terus gw pulang, makan terus, minum obatnya langsung istirahat, dan besok gwe putusin buat tetap ...?

 

Next Part : Berangkat gak ya ..