Gowes Bareng Tentara , Jakarta Bogor Jakarta

24 Jan 2016, 14:42 WIB | gadmin

Polygon Heist Gowes hari pahlawan | Sumber Foto:fb: gowes abis

Oktober 2013 di forum polygon heist ada yang share poster event fun bike gowes hari pahlawan,  hmm gw ga terlalu suka sama fun bike soalnya kenyataanya , yang ada lu cuma antri gowes di jalanan yang durasinya cuma berapa menit abis itu udah, apanya yang fun.

tapi setelah gw liat lagi disitu ada beberapa kategori fun bike dan grup bike yang rutenya beda beda. yang fun bike itu cuma muterin senayan nah yang grup bike ada keterangan tambahan disitu "gowes bareng kostrad , rute jakarta bogor jakarta, masing masing grup kudu  ada 10 orang"  kira kira tulisannya kaya gitu ya soalnya kemampuan menginget gwe diluar nginget makanan itu lemah -_-

gw rada tertarik (soalnya gratis bwehehe)  tapi masih ragu buat ikut, tapi  tetep iseng aja gw reply postnya bilang mau ikut. walaupun kayaknya  telat soalnya pemgumuanya udah dari berapa hari lalu.

beberapa hari lewat  ga ada pm yang kasuk ke gwe dan di sana juga udah  brief buat peserta yang bisa ikut (dan nama gw gak ada hohoho)  isi briefnya dari brang bawaan yang mesti dibawa dan apa yang didapet nanti. wow , dapet kaos sepeda dari polygon , snack sama makan siang terus ada doorprize juga, sebenernya salah satu alesan gw pengen ikut yaaa buat dapetin kaos sepeda, soalnya gw ga punya satu satu acan harganya waktu otu lumayan mahal jadi tiap gw sepedaan  pake kaos biasa doang hohoho,.

yaudahlah gimana lagi gw sepedaan sendiri lagi ajah T_T, berapa hari sebelum eventnya waktu itu menjelang  tidur , gwe iseng cek hape ada pm masuk dari om gowes abis nama akunnya, dia yang ngepost pertama soal event fun bike kostrad itu. dia bilang ada satu orang yang  ga bisa ikut , dan dia nanya apa gw bisa gantiin buat hari sabtu besok, gw pura pura mikir "hmm, gimana ya om, boleh deh " kata gw #sokpentingbangetpakemikirpadahlpengen wkwkwk, yaudah akhirnya om gowes bilang soal yang perlu dibawa dan tikum pas hari h sebelum berangkat.

masih ada waktu buat latihan, karena gw ga mau ditinggal apa ngerepotin yang laen waktu gowes nanti, jadi gw mulai latihan intense sebenernya sih bukan latihan tapi bike 2 work biasa cuma selama perjalanan itu gw rubah yang biasanya santai jadi 'agak sedikit cepetan' dari biasanya dari kecepatan yang biasanya cuma 11 kph jadi 12 kph -_- dikit amat, terus yang biasanya ngindarin tanjakan di perjalanan kantor gw cari jalan yang ada tanjakannya.  and the day finally arrive.

tikum waktu itu jam  5 pagi disevel samping stc senayan nah buat jarak kesana gw butuh kira kira satu jam an dari waktu gw biasa gowes jaraknya sekitar 20 km an kalau dari rumah gw otomAtis gw kudu start sekitar jam 4 an nah masalahnya gw ga bisa jalan kalo gw belum modol kalo kata orang sunda mah , kalo kata spongebob poop (people order our patty) dan gw udah bangun pagian waktu itu cuma gw menghabiskan waktu lumayan lama soalnya kata dokter dokteran, orang yang badannya tinggi itu butuh waktu yang lama dan konsentrasi tinggi biar tuh residu residu dalem tubuh lu bisa keluar. jadilah ampir jam 5 gw baru beres , shalat , terus berangkat

hosh hosh cape bener badan gw keringetan, salah sendiri pake sweater tebel , niatnya cari keringet dikit ini mah udah kuyup,  jam setengah 6 lewat dah sampe jalan menujus enayan tinggal gw cari tuh sevel dimana.

sampe stc senayan gw liat liat cari yang mana, fyi waktu itu gw ga tau bentuk orang yang ikut pada gimana, jadi gw cuma cari kumpulan sepeda heist yang lg pda nangkring, sempet muter muter deket situ akhirnya ketemuu "kayaknya" soalnya gw liat ada beberapa heist yang ngumpul disitu, gw samperin , langsung ada yang namanya om gowes abis nama aslinya ivan manggil gw , "abdul ya gw kirain ga jadi dateng", dia tau gw soalnya yang laen dah pada dateng semua, gw telat dateng tapi  untunglah gw masih ditungguin.

ngaso depan sepel , gw liat sepeda lain kyanya senjatnya pada lengkap bener panniernya juga pada keisi ada yang bawa punuk onta juga  tuh yang buat nampung aer di tas, gw duduk samping orang yang lagi makan pisang ternyata dia heister juga, dari depok gw tanya jalan dari jam berapa dan gowes kesininya ? dia jawab udah dari tadi sepedanya dimasukin taksi soalnya takut kecapean katanya, wah gw baru tau kalo bisa muat di bagasi taksi , soalnya ukuran frame sama sepeda lumayan gede, dia bilang dibongkar dulu depan belakang baru bisa disini dibantuin pasangnya sama si aki..

si aki, dia mekanik team dan juga bisa dibilang senior di heister, mungkin pertama kali tuh thread ada dia dah join kali, dari cerita cerita yang gw denger sepeda yang dia pakai sekarang itu heist tahun tahun awal dia  pernah pake buat gowes  jakarta surabaya :O.

ga lama om ivan dateng bagi bagiin kaos sepeda nah ini yang gw tunggu, gw langsung ganti baju depan sevel dan bajunya... kekecilan , entah perut gw yang besar  dan badan gw yang panjang jadi waktu gw pake jangkis, sebenernya bagus sih asal perut gw ga nimbul kaya gini. tapi yang laen pas pas aja tuh om ivan bilang ini ukrannya semua all size , jadi ya mau gaau gw  gowes pake kaos begitu dipas pas in ajalah hehe.

beres ganti baju yang laen pada poto poto dulu, abis itu bernangkat ke tikum pertama tempat pada ngumpul peserta peserta lainnya di dalem parkir senayan. disana udah rame bener gw bingung gimana ngebedain yang fun bike dan mana yang grup bike, jadi gw sama temen temen yang laen milih ngumpul sama orang orang yang pake baju tradisional terus pake blangkon yang ternyata mereka itu tentara yang ikut yang nyaru pake kpatum  ceritnya pejunag  jaman dulu.

ada kata kata sambutan dari entah siapa , dan ga lama peserta fun bike mulai jalan, jeda 5 menit peserta yang mau turing ke bogor disuruh siap siap di garis start peserta dah pada siap gw sama temen temen gw dah pada kumpul sebaris , sirine bunyi dan kita semua mualo gowes.

rute awal yang waktu itu mesti dilewatin dari senayan kita lewat blok m dan jembatan layang prapanca yang lumayan panjang tadinya ga boleh dilewatin sepeda atau motor waktu itu di izinin lewat sana wehh awal awal dah kudu nanjak, hmm untungnya waktu itu karena ancang ancang dan tenaga dalem yang disimpen dari kemaren bisa bikin nanjak ga
pake nuntun wekeke, namanya juga jembatan layang  disana anginnya kenceng dan gw ga berani nengok kepinggir soalnya takut tinggi hehe, jadi gw jalan aga ketengah , mobil belom mulai masuk jadi ga masalah aga ketengah.

waktu itu sweater yang gw pake waktu awal berangkat ga gw pake lagi gw cuma iket dileher kaya jubah suparman jadinya aga ribet dan melambai lambai tadinya gw pikir ga masalah kaya gitu soalnya ya kadang gw b2w kaya gitu juga, dan backpak yang isinya air sama baju ganti gw pake biasa, padahal waktu itu gwe dah beli rack / boncengan buat naro kaya gitu cuma gw ga biasa dan takut jatoh malah liat kebelakang mulu jadinya,  sampe ujung jalanan prapanca kita turun disitu istirahat sebentar , tiba tiba RC waktu itu si aki nyampeein gw dan negor , ' itu lu punya rack dibelakang dimanfaatin dong jaket juga jangan lu sangkutin kaya gitu bahaya '  dan temen heister yang lainnya yang waktu itu ikut dia juga bilang ' kalau ga ada beban di punggung jadi lu bisa fokusin tenaga lu di kaki' si aki  dia nyuruh gwe lepas jaketnya dan tas terus dia bantuin gw buat naro backpack di rack belakang cara die ngiketnya pro bener kaya anak pramuka wekeke, waktu itu gw juga bawa iketan yang biasa buat iket helm kalo dimotor , terus gwe ditawarin sama om hengky salah satu heister juga dia ada spare tali jadi ditambah lah  dan jadi gw ga perlu khawatir buat bawaan gw kalo jatoh.

beres istirahat dan ngiket tas gw, kita jalan lagi lewat jalur tb simatupang  menju ke pasar rebo, tiap tiap tikungan yang kota mesti lewatin itu udah di jaga sama pak polisi dan tentara jadi di prioritasin buat lewat dulun , makasihh pak pol dan pak tentara , dari pasar rebo kita belok tembus jalan raya bogor as you know di cerita gw yang pertama jalan ini tinggal lurus aja, cuma bedanya ga monoton sekarang depan belakang sampong banyak bener yang sepedaan.

kami sempet istirahat dulu  indomaret gw beli ponari, yang gw simpen buat nanti , yang laen beli  iuga masing masing ga tau apaan, tapi si om om satu waktu itu beli kratingdaeng yang langsung diomelin sama aki sama om ivan katanya ga bagus dll lupa alesannya kenapa mungkin kafein atau apa, beres bayar kita jalan,

ga lama setelah dari minimarket tadi ternyata ga jauh dari situ ada pos pertama di gor ciracas, kita masuk dikasih minum dan pisang sama tentara disana ada team medis juga yang gw liat team medis disana kayaknya sibuk bener soalnya  banyak yang berobat.  kita istirahat disana sebagian cari cari toilet di dalem gor. sambil nungguin mereka gw liat liat keliling banyak kuga yang okut kayaknya ratusan soalnya tentara aja udah hampir 50 an yang ikut belum peserta lain di dalem gor itu juga masih ada yang baru pada dateng dan udah jalan lagi. yang laen beres dari toilet  om ivan pada nanya ke yang laen udah siap buat jalan lagi belom , kita bilang siap, dan kita pun mulai gowes lagi.

di jalan kami ngikutin arahan dari rc masih aki waktu itu,  kita bikin satu barisan waktu aki angkat tangannya sambil tunjukin satu jari keatas di jalur yang lagi banyak mobil , dan dua barisan waktu jalnnya mulai sepi apa pas balapan hehe, berhenti waktu rc mengepalkan tangannya keatas gwe kirain buat ajak berantem eh ternyata itu aba aba buat ngerem. gw nengok ke samping bawah waktu rc nunjuk kesamping bawah gwe kirain ada apaan ternyata itu buat ngasih tau kalo ada lobang, yang kalo mungkin biasa naek motor julurin kakinya kesamping buat ngasih tau ada lubang.

banyak yang gwe pelajarin waktu itu secara langsung apa ga langsung  gw ngeliat cara masing masing bersepeda,  ada yang ga pernah berhenti pedaling konstant terus segitu segitu  walaupun tanjakan atau turunan .itu termasuk teknik gowes katanya. biar ga keram waktu behenti. ada yang cara dia ngatur gearnya kayaknya paten bener jadi kayaknya gowesnya enak bener jalur apa juga  cara pengaturan gigi yang tadi gw baru tau namanya disebut cadence waktu ngobrol ngobrol sama ,ereka, ada satu anak smp didikannya om ivan waktu itu dia diajar sama om ivan yang ceeita soal itu, gw dijalan pake gear ratio biasa yang gwe pake sehari hari 3 -6 , disamping gw om ivan bilang ama gw coba lu atur lagi posisi geard depan terus yang belakangnya turunin satu kayaknya cocok sama panjang kaki lu. gwe coba dan benrr lebih myaman kaki gw buat trek yang terhitung masih, datar waktu itu, gile si om pengamatannya jeli bener.

lewat simpang depok kita istirahat lagi disitu ada yang keram, si machel ngeluarin p3k nya gpu , gosok pijet unyu dan obat obatan lainnya, ada salah satu heister yang langsung posisi tiduran yamg lagi lagi diomelin sama akid dan om ivan katanya ga bagus buat otot otot  mending beelum istrahat lu berdiri dulu atau pendinginan ya ostilahnya biar ga kaget ototlu langsung berhemti .  kita istirahat disitu ga oerduliin team yang laen duluan atau kita menang atau ga nantinya , kita cuma pengen sepedan  bareng terus sampe garis finish nanti gitu kata om ivan, soalnya banyak team lain yang terpencar ada yang duluan ada yang ketinggaln ada yang pengen sepedaan sendiri macem macem dah.