Talenta

23 Okt 2018, 06:31 WIB | Editor : Rangga

Talenta

 

Albert Einstein pernah berkata, “Aku tidak mempunyai talenta special, tapi aku mempunyai gairah untuk mengetahui sesuatu”.

Masalah talenta ini di-Aamiin-i oleh Haruki Murakami, novelis Jepang terkenal.

Beliau mengatakan “Tidak mungkin ada karya hebat lahir dari seorang yang tidak mempunyai talenta”.

Jadi bagaimana kita mengetahui memiliki talenta atau tidak di dalam diri kita?

Dan apakah Benar talenta mampu mendongkrak produktifitas kerja?

Garry Kasparov yaitu seorang Grandmaster catur internasional Rusia, mengatakan “apakah benar semangat kerja ini berhubungan dengan talenta alami?”.

Karena beliau melihat seorang pemain bola dengan fisik yang pendek, tidak bisa lari cepat, namun dia berlatih keras dan disiplin dari pemain lainnya dan dia menjadi pemain bola yang bagus.

Jadi apakah dia mengoptimalkan talentanya atau mengekslpoitasi semangatnya latihan yang terus menerus serta disiplin sehingga memuat pemain bola yang pendek tersebut berhasil?

Keduanya benar, tapi seperti yang dikatakan oleh Haruki Murakami, Talenta walaupun seujung kuku tapi kita asah dan latih secara rutin dan terus menerus maka akan mendongkrak produktifitas yang ekstrim.

Sekarang kita ingat Grup Band Legendaris, yaitu The Beatles, memiliki talenta yang luar biasa.

George Harrison mempunyai passion yang tinggi terhadap gitar, kemudian John Lennon menggubah lagu sejak kecil, Ringo Starr ketika Ultah pada masa remajanya dia minta hadiah drum dari Orang Tuanya, dan Paul McCartney yang lahir dari orang tua musisi jazz yang handal.

Jadi mereka mempunyai passion dan talenta terhadap music yang tinggi, tapi jangan salah, keberhasilan mereka bukan hanya karena talentanya, tp lebih dikarenakan mereka selalu berlatih terus menerus selama mungkin 10 tahun mengisi acara di café tanpa dibayar.

Tidak serta merta mereka menjadi band yang legendaries pula, tapi butuh waktu 10 tahun.

Jadi kita jangan iri terhadap orang yang memiliki talenta, kesuksesan itu tidak serta merta hadir tanpa diasah dan proses latihan.

Kita tau Bebi Romeo, Menggubah lagu Bunga Terakhir?

Ayah dari Bebi Romeo pernah cerita bahwa dia dididik sejak kecil untuk berlatih piano, walau dia malas. Dan kini beliau sekarang menjadi song writer handal dan terkenal di Indonesia.

Jadi tidak semerta-merta dia hadir begitu saja yang langsung handal dan terkenal, namun butuh waktu lama untuk pencapaiannya hingga saat ini, walaupun dia memiliki talenta.

Ada orang yang memiliki talenta, namun tidak berlatih, maka tetap tidak akan berhasil.

Jadi, Allah itu adil, Allah memberikan orang kelebihan dan kekurangan. Jadi kita gali apa yang menjadi kelebihan kita, dan kita buang yang menjadi kelemahan kita.

Andai kita diberikan talenta yang sedikit, janganlah berpatah arang, namun kita harus optimalkan dengan usaha agar mendongkrak kelebihan kita tersebut.