Resolusi kecil untuk merubah hidup kita jadi lebih baik

01 Nov 2018, 04:19 WIB | Editor : Rangga

Dalam bahasan ini, saya mencoba mengajak bagi diri saya sendiri khususnya dan juga teman-teman sekalian. Emang mudah sekali jika kita hanya berdasarkan teori saja dan sangat sulit dalam meng-aplikasnnya. Sudah sebaiknya kita merubah hidup kita jadi lebih baik. Percuma kita hidup tapi tidak menjadi lebih baik atau bermanfaat bagi orang lain, minimal keluarga kita. Rata-rata kita hidup didunia ini sekitar 50-60-70 tahunan lalu pastinya kita akan mati meninggalkan dunia ini, dan kita akan hidup abadi selamanya di akhirat nanti. Baiklah, tentu untuk merubah hidup kita lebih baik, kita membutuhkan langkah-langkah kecil, berikut adalah langkah tersebut :

 

1. Diawali dengan niat

Tentu kita harus menanamkan dalam hati dan pikiran untuk merubah hidup kita, yaitu niat. sebagai muslim, segala sesuatu harus diawali dengan niat, misal shalat/ ibadah. bahkan dalam urusan dunia pun, jika kita menginginkan sesuatu, pasti kita akan terbesit yang namanya niat. jadi jika ingin hidup kita lebih baik kedepan nya, niatkanlah dengan sungguh-sungguh.

 

2. Dimulai dengan usaha

sadarilah bahwa segala sesuatu itu butuh usaha, bahkan hanya untuk minum pun kita harus usaha dimulai dari mengambil gelas, menuangkan air, dan meminumnya. jadi namanya hidup pastilah butuh usaha dan kerja kalau kita ingin sesuatu. Apalagi jika kita ingin mengubah hidup kita jadi lebih baik, tentunya, syarat penting yang harus kita lakukan adalah "berusaha". Kalau kita benar – benar ingin merubah hidup, jadi mulailah lakukan sesuatu untuk hidup kita yang singkat ini.

 

3. Teman Berbagi

Sudah kodrat bahwa kita adalah makhluk sosial, dimana kita akan butuh orang lain dalam hidup ini. Jadi sudah seharusnya jika kita memiliki teman untuk berbagi, bicara penting untuk memberikan support, pujian, ataupun kritik tentang apa yang tengah kita lakukan. Sungguh tidak akan menyenangkan sekali jika susah, senang, sedih, gembira cuman dirasakan sendirian tanpa berbagi!

 

4. Hadapi Masalah, Jangan lari dari masalah

Hidup ini tentu ada yang namanya halangan, tantangan dan juga rintangan. Hidup itu selalu penuh dengan masalah. Jika kita selalu menghindar dari masalah, itu berarti kita membiarkan masalah itu bertambah besar dan akan semakin sulit untuk di hadapi. Maka, mulai sekarang berhentilah lari dari masalah, hadapilah walaupun sulit, kelak ketika kita telah melewati masalah-masalah yang ada, maka kita akan merasakan bahwa tidak ada yang sulit.

 

5. Jangan Buang Waktu

Selama ini, apa saja yang telah kita lakukan dengan waktu yang telah diberikan Tuhan kepada kita? Apakah kita telah menggunakannya dengan baik? atau bahkan kita tidak melakukan apa-apa? Seperti yang telah dikatakan di awal tadi bahwa hidup yang hanya sekali, sayang sekali jika kita lalui tanpa ada hasilnya, apalahi jika kita tidak menjadi lebih baik.

 

6. Konsisten

Sepertinya mudah di awal, namun akan sulit jika kita lakukan dalam realitanya. Misalnya, berapa banyak dari kita yang telah berjanji untuk datang pagi dan bekerja keras ketika kita diterima bekerja disuatu perusahaan, namun hasil selalu mangkir dari kerjaan. Tidak sesuai dengan apa yang diucapkan. Langkah ini sangat penting bagi kehidupan kita, baik dalam ibadah, maupun duniawi lainnya jika kita ingin sukses dan jadi lebih baik. Konsisten memang sangatlah sulit. Namun begitu kita bisa konsisten dengan apa yang kita lakukan, kita akan lebih mudah menggapai mimpi. Karena kita tahu, kita akan konsisten untuk bangun dan mengejar mimpi saat kita sedang terjatuh.

 

7. Sumber semangat

Carilah hal – hal yang bisa membuat kita kembali semangat. Salah satu yang paling mudah untuk membuat semangat adalah dengan melakukan sesuatu yang kita sukai, dan mungkin seseorang yang selalu mendukung kita apapun yang kita alami bahkan dalam keadaan terpuruk sekalipun.

 

8. Ikhlas dan Nikmatilah apa adanya

Pasti tidak semua usaha yang kita lakukan dan rencana yang kita niatkan selalu berjalan dengan baik dan mencapai goal, dan ketika hal yang buruk terjadi pada kita maka ikhlas dan cobalah rasakan yang terjadi pada diri kita. Pahami kenapa usaha kita tidak berjalan dengan baik dan petiklah sesuatu dari ketidak berhasilanmu itu.

 

9. Keluar dari Zona Nyaman

Bagaimana kamu bisa merubah hidup jika kita tidak mau menghadapi tantangan dan tidak mau keluar dari zona nyaman? ini yang sangat sulit dilakukan oleh kebanyakan orang bahkan termasuk saya pribadi. Misal kerjaan, keadaan, dan lainnya. Kebanyakan kita hanya bisa merasakan apa yang telah kita lakukan saat ini adalah hal yang terakhir yang bisa kita lakukan. Kita selalu pasrah dengan keadaan. Misal kita bekerja, namun kita selalu mengeluh dengan pekerjaan yang kita lakukan, tapi kita tidak pernah berusaha mau beranjak dari tempat yang kita keluhkan tersebut. Kita tidak akan pernah merasakan hal lain ketika kita tidak pernah bisa beranjak dari tempat duduk kita. kita tidak akan pernah bisa merasakan udara segar diluar sana jika kita masih terpaku dan terdiam didalam ruangan sempit.

 

10. Jadilah orang bermanfaat bagi orang lain

Membantu orang lain, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi penolong bagi orang – orang di sekitar. Menolong dan membantu tidak hanya bermanfaat bagi orang yang kita tolong, akan tetapi bermanfaat juga untuk kita. Salah satunya menjadi lebih peka dan lebih bisa berempati dengan kesulitan orang lain. selain itu, Tuhan akan membalas segala kebaikan yang telah kita lakukan. Percayalah bahwa jika kita baik sama orang lain, lingkungan, maka mereka pun akan membantu kita jika kita membutuhkan, atau jika pun tidak, maka biarlah Tuhan yang membalas segala kebaikan kita, karena hanya Tuhan lah yang memiliki segala rencana untuk kebaikan hidup kita, bahkan hal yang terburuk pun bagi kita, itu adalah rancangan Tuhan yang diberikan kepada kita. Maknailah hal tersebut, ambil faedah dan kebaikannya.

 

11. Bersyukur

Rayakan kehidupan kita ini, mengubah hidup menjadi lebih baik bukan berarti kita harus meratapi kehidupan kita yang sekarang. Justru seharusnya kita mulai menghargai apa yang kita miliki saat ini, entah itu kesehatan, keluarga, pasangan bahkan bisa saja sahabat. Mulai perhatikan hal – hal di sekeliling kita yang mungkin saja bisa dijadikan ide untuk kesuksesan kita.

 

12. Cobalah hal baru

Pelajari hal - hal baru, Kapan terakhir kita melakukukan sesuatu untuk pertama kalinya? Kapan terakhir kalinya kita menantang diri kita untuk mencoba hal yang belum kita coba untuk pertama kalinya?

Tantang diri kita sendiri dan bersiaplah terkejut dengan apa yang bisa kita lakukan!

 

13. Temukan Kekurangan dan Kelebihanmu

kenali kelebihan dan kekurangan, Tidak ada orang yang 100 persen sempurna! Dan daripada kita berfokus untuk meratapi setiap kekurangan yang ada dalam diri, lebih baik kita fokus dengan bakat – bakat yang kamu miliki. Dengan fokus pada bakat yang kita miliki ini kita bisa tampil dengan lebih percaya diri dan lebih optimis untuk merubah hidup kita.

 

14. Liburan

Liburan/jalan-jalan akan memberikan kitakesempatan untuk melihat apa yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Tidak melulu soal keindahan alam, traveling bisa saja menujukkan tentang kehidupan yang tidak akan pernah kita sangka sebelumnya, termasuk juga ide tentang bagaimana untuk mengubah hidup kita. Kata orang bijak, melihat dan memperhatikan itu berbeda. Melihat belum tentu memperhatikan. Sedangkan memperhatikan sudah pasti melihat. Maka, perhatikanlah lingkungan Anda berada. Menciptakan suasana positif dan stabil akan menumbuhkan ide-ide positif dan mudah berkreasi. Kreasi dari pikiran positif akan menghasilkan yang positif pula, pun sebaliknya.

 

15. Bangun Pagi

Bangunlah lebih pagi dari biasanya, Inilah hal simpel tapi yang paling sulit untuk dilakukan! Berapa banyak dari kita yang sering mendengar omelan “Ayo bangun, nanti rejekinya dipatok ayam, lho!” Yah, bahkan nenek, kakek dan orang tua kita paham betul, bangun lebih pagi baik untuk hidup kitaa. Makanya, ayooo banguuuun!!

 

16. Merubah cara berpikir

Cara berpikir yang cenderung negatif, prasangka buruk atau pikiran yang berisi hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain bisa membahayakan kesehatan dan jiwa seseorang. Berpikirlah seakan masa lampau yang sudah lewat sebagai modal inspirasi untuk berbuat lebih baik dimasa sekarang maupun esok. Pikiran tentang mengembangkan diri terhadap perkembangan lingkungan sekitar akan menjadi pemacu semangat dan kreativitas seseorang.

Kemudian, tambah pengetahuan di bidang apapun dengan melihat, mendengarkan dan membaca. Bahkan, kata ilmuwan, dengan menulis atau mencorat-coret di selembar kertas bisa menghilangkan stress serta mendatangkan inspirasi baru.

 

17. Merubah jalan perasaan

Ada kalanya kita bertindak berdasarkan perasaan, sehingga suasana hati sangat mempengaruhi tindakan kita. Sebagai contoh, saat bersedih mungkin akan mempengaruhi daya kerja seseorang. Karena itu, bagaimana sebisa mungkin kita isi perasaan dengan hal-hal yang berorientasi positif. Sesuatu yang berdasarkan naluri atau hati nurani yang pada dasarnya manusia mempunyai naluri atau hati nurani yang baik.

Karena itu selalu usahakan agar energi positif dari perasaan yang selalu positif, jauh dari dengki, dendam, iri, dan penyakin hati lainnya akan menumbuhkan perasaan yang sehat dan otomatis menciptakan energi positif dan sehat sehingga daya kerja kita sehari-hari pun maksimal. Ciptakan situasi yang kondusif dan positif.

 

18. Merubah cara pandang terhadap orang lain

Dalam pergaulan sehari-hari usahakan berpandangan positif terhadap orang. Walaupun memang tidak sedikit orang yang memandang sinis, melecehkan atau pun sentimentalis. Namun, bila Anda tetap punya prinsip hidup sendiri berdasarkan hati nurani Anda, selalu mengikuti arah orang lain tanpa simbol keberadaan Anda sendiri membuat Anda tidak berharga. Jika Anda tidak menghargai diri Anda bagaimana orang lain menghargai Anda.

 

19. Merubah pikiran tentang uang

Berbagai cara orang untuk mendapatkan uang. Namun tetap harus memiliki prinsip bahwa uang adalah sebuah alat penyampaian bukan tujuan dari penyampaian. Contoh, untuk bertahan hidup orang perlu uang untuk makan dan minum.

Maka, gunakan uang sekedarnya bukan tujuan orang makan dan minum untuk uang. Lalu, merubah cara bepikir. Uang sebagai alat bukan tujuan. Jika sebagai alat gunakan pada proporsinya.

 

20. Merubah cara penghargaan diri

Anda berharga dan istimewa, karena itu adalah pengharagaan diri yang tertinggi. Sering mengeluh terhadap segala hal itu kurang baik, orang akan berpikir rumput tetangga tampak lebih hijau. Itu hanya cara pandang orang yang berbeda. Contoh, anjing dan belalang berlomba, dan menurut aturan anjing siapa yang lompatanya tertinggi itu yang juara.

Ketika anjing melompat lebih tinggi dari belalang, maka anjing juara. Karena lomba berdasarkan aturan anjing. Namun, bila belalang yang punya aturan tinggi lompatan berbanding dengan besar tubuh masing-masing. Lompatan belalang yang tertinggi, belalang juara. Maka dari itu hargailah diri sendiri dengan mengalahkan diri sendiri, bukan orang lain.

 

Sumber : All Websites